Laporan Kewirausahaan
TUGAS
LAPORAN KEWIRAUSAHAAN

Disusun
Oleh :
Mesrani
Arti Simanuhuruk (170698)
Desi
Natalina (170702)
Ririn
Retnowati (170707)
Sri
Tri Utami (170709)
Agustina
Ambarwati (170712)
POLITEKNIK KATOLIK MANGUNWIJAYA
PROGRAM STUDI DIPLOMA III FARMASI
SEMARANG
2019
Perkembangan zaman yang maju secara global memberikan kemudahan hidup
yang dapat dinikmasi oleh masyarakat sekitar termasuk dalam berwirausaha. Salah
satu kemudahan dalam berwirausaha adalah banyaknya online shop yang merupakan
media belanja dimana konsumen tidak harus meninggalkan kesibukan masing-masing
baik di rumah, di tempat kerja, dll. Berbagai barang dapat ditemukan dalam
media online shop ini mulai dari aksesoris hingga perangkat rumah tangga,
konsumen hanya perlu membuka fitur yang ditawarkan melalui smartphone dan semua
hala dibutuhkan dapat ditemukan melalui online shop.
Online
shop dapat dijalankan dengan mudah karena tidak membutuhkan modal yang besar.
Para penjual yang menjajakan produk hanya perlu mengunggah foto dan harga, maka
konsumen dapat melihat produk yang ditawarkan secara mudah.
Banyak
perusahaan ataupun sekolah yang mulai mengimplementasikan go green di lingkungan masing-masing. Salah satu cara yang
dilakukan adalah mengurangi sampah plastik yang berasal dari botol minum sekali
pakai. Pengurangan sampah plastik botol sekali pakai dapat dilakukan dengan
memakai botol minum yang dapat digunakan kembali setelah setelah dicuci.
B.
TUJUAN
1. Mahasiswa
dapat memenuhi tugas mata kuliah kewirausahaan dalam mencari pengalaman sebuah
proses wirausaha.
2. Mahasiswa
dapat berwirausaha dalam proses penjualan melalui situs belanja online Shopee.
C.
PELAKSANAAN KEGIATAN
Kegiatan
penjualan online melalui situs belanja online Shopee dilakukan mulai tanggal 25 November 2019.
D.
NAMA USAHA
Nama usaha
penjualan dengan media belanja online Shopee adalah “OmahTumbler”.
E.
JENIS USAHA
Jenis usaha
yang dilakukan adalah penjualan botol minum yang dapat dipilih sesuai minat dan
harga oleh konsumen.
F.
MEDIA PENJUALAN
Penjualan
dilakukan lewat situs belanja online
Shopee.
G.
TARGET PEMASARAN
Target
pemasaran untuk botol minum ini adalah semua orang yang menerima pemberiahuan
lewat sosial media WhatsApp.
H.
STRATEGI PEMASARAN
Strategi
pemasaran yang dilakukan pada “OmahTumbler” adalah dengan memeberikan harga
yang terjangkau dan pilihan produk yang beragam. Selain itu pembayaran dapat
dilakukan dengan mudah melaui Indomaret, Alfamart, Shopeepay, atau dapat langsung
ditransfer melalui Bank Mandiri.
I. MEDIA PROMOSI
Promosi
dilakukan lewat social media WhatsApp
dan Instagram yang dapat dilihat oleh
seluruh rekan yang namanya tercantum dalam aplikasi tersebut.
J. MODAL USAHA
Penjualan
bersifat preorder jadi konsumen akan terlebih dahulu memilih produk yang
diinginkan, kemudian produk tersebut akan dibeli sesuai kebutuhan.
K. HASIL PENJUALAN
Penjualan
botol minum memperoleh satu konsumen yang membeli dan telah dikirimkan ke rumah
konsumen tersebut.
L. KESIMPULAN
1. Tugas kewirausahaan dilakukan sebagai pengalaman dalam melakukan usaha penjualanbotol minum.
2. Penjualan
botol minum dilakukan leawat situs belanja online Shopee dengan nama
“OmahTumbler” dan berhasil memperoleh satu orang konsumen.
M.
SARAN
Pelaku
usaha membutuhkan waktu untuk memperoleh pelanggan sehingga dibutuhkan kesabaran
dan waktu yang tidak terbatas dalam proses berwirausaha. Selain itu pelaku
usaha perlu memperhatikan kebutuhan konsumen serta tren pasar saat ini.
N. LAMPIRAN
Komentar
Posting Komentar